POST

Aplikasi dan Prospeknya di Dunia Digital

Pada era digital seperti saat ini, hampir semua orang pernah mendengar tentang aplikasi, tetapi apakah mereka tau apa maksud dari aplikasi?. Ketika anda bukanlah seseorang yang familiar dengan dunia digital, wajar saja bila anda tidak mengetahuinya. Dalam dunia komputer, telah sejak lama dikenal namanya Hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak), dan Brainware (pengguna).

Hardware atau perangkat keras merupakan suatu komponen yang ada pada komputer/perangkat elektronik yang terlihat secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Contohnya misalnya CPU, printer, mouse, keyboard, bahkan ponsel pintar (smartphone) anda. Sedangkan Brainware merupakan manusia yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Tanpa adanya brainware, komputer tidak bisa dijalankan.

Lalu kita akan masuk ke pembahasan utama yakni software. Software merupakan suatu perangkat atau data elektronik yang berada dalam hardware yang berfungsi untuk menjalankan perintah pengoperasian. Software dapat berupa aplikasi (program) yang diciptakan dan dirancang oleh programer. Software juga tidak dapat disentuh atau dipegang secara fisik, karena tersimpan di dalam hardware.

Nah, aplikasi termasuk ke dalam golongan software karena fungsinya menjalankan perintah pengoperasiannya. Aplikasi merupakan suatu perangkat lunak (software) atau program komputer yang beroperasi pada sistem tertentu untuk mengolah dan melaksanakan perintah sesuai dengan tujuannya diciptakan oleh programer. Pada dasarnya, istilah aplikasi itu sendiri berasal dari kata "application" yang merupakan bentuk benda dari kata kerja "to apply" yang bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi pengolah, penerapan atau pengolahan.

Pada dasarnya suatu aplikasi dapat beroperasi ditentukan oleh operating system (OS) yang terdapat di perangkat tersebut. Operating system yang dimaksud ialah seperti windows, linux, android, ios, dan lain sebagainya. Kemampuan aplikasi untuk beroperasi pada berbagai macam operating system akan menambah nilai mutu/kualitas sebuah aplikasi. Perkembangan zaman membuat persaingan di dunia aplikasi semakin kompetitif, aplikasi yang tidak mampu mengikuti perkembangan zaman akan ditinggalkan. Penilaian mutu dan kualitas aplikasi akan semakin baik jika mampu memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Aplikasi tersebut dapat memenuhi kebutuhan penggunanya;
  2. Aplikasi tersebut dapat beroperasi pada multi-platform (dekstop, web, dan mobile);
  3. Aplikasi tersebut dapat merespon perintah pemograman dengan cepat serta membutuhkan resource (processor, memory, storage) yang rendah.

Pengelompokan Aplikasi

Hingga saat ini ada banyak cara untuk mengelompokkan aplikasi, mulai dari berdasarkan fungsinya, lokasi pengoperasiannya, ciri-cirinya, dan lain sebagainya. Namun dalam pengembangannya aplikasi dapat dikelompokkan ke dalam tiga kelompok, yakni:

  • Aplikasi Dekstop
    Merupakan aplikasi yang hanya dapat beroperasi atau dijalankan pada perangkat PC (personal computer) komputer ataupun laptop. Contohnya seperti aplikasi dari microsoft (word, powerpoint, excel, dsb), Windows Media Player, iTunes, aplikasi game, dan lain sebagainya.
  • Aplikasi Web
    Merupakan aplikasi yang dapat beroperasi atau dijalankan menggunakan komputer dengan tambahan koneksi internet. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya menjelajah dunia maya lebih luas lagi. Contohnya seperti Google Chrome, Firefox, Opera, Game Online, aplikasi sosial media, dan lain sebagainya.
  • Aplikasi Mobile
    Merupakan aplikasi yang dapat beroperasi atau dijalankan pada perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan sejenisnya. Aplikasi jenis ini penggunaannya serta ketersediaanya sudah sangat banyak di dunia. Contohnya seperti aplikasi sosial media, mobile game, alat pembayaran seperti ovo, dana, go-pay, youtube, dan masih banyak lainnya.

Semakin meningkatnya pengguna perangkat mobile akan membuat permintaan akan aplikasi mobile semakin tinggi. Banyak aplikasi yang sebelumnya hanya dapat digunakan di perangkat seperti PC atau laptop, sekarang dapat digunakan di perangkat mobile. Programer yang sebelumnya hanya membuat aplikasi untuk dekstop komputer sekarang membuat aplikasinya dapat dioperasikan juga pada perangkat mobile, bahkan terhubung dengan koneksi internet.

Maka dari itu, jika anda seorang programer, anda harus mampu membaca kebutuhan pasar saat ini. Aplikasi yang anda buat akan semakin berkualitas jika dapat dioperasikan pada multi-platform secara bersamaan. Contohnya saja aplikasi sosial media seperti whatsapp, mereka mampu beradaptasi pada dunia web, dekstop, dan aplikasi mobile. Ketiga hal tersebut bahkan terintegrasi satu sama lain dengan koneksi internet, terobosan seperti itulah yang diinginkan oleh pasar.

Prospek Aplikasi di Masa Depan

Pandemi COVID-19 yang semakin meluas di tahun 2020 ini, memaksa manusia untuk beradaptasi dengan melakukan social serta physical distancing. Perubahan perilaku manusia harus dilakukan untuk beradaptasi dengan keadaan, dari yang sebelumnya offline menjadi online dan mau tidak mau segala bidang kehidupan diarahkan untuk menjadi online dan digital. Dengan terjadinya hal tersebut akan mendorong lahirnya era baru yang memaksa kebutuhan akan sesuatu (konsumsi) harus mampu ditopang dengan dunia digitali kuat.

Pasar (market) yang menjadi rantai ekonomi masyarakat mengalami perubahan perilaku konsumsi, dari yang semula belanja offline menjadi belanja online memanfaatkan aplikasi e-commerce. Setiap perusahaan harus mampu mengontrol dan mendata setiap karyawannya, maka dari itu lahir website dan aplikasi perusahaan itu sendiri. Kebutuhan akan komunikasi virtual yang meningkat mendorong aplikasi sosial media terus mengalami perkembangan.

Masih banyak dari masyarakat ataupun perusahaan yang belum mampu beradaptasi hal itu membuat mereka tertinggal. Untuk itu mereka sadar akan kebutuhan digitalisasi perusahaannya yang membutuhkan website atau aplikasi sebagai batu loncatannya. Persaingan di dunia digital mau tidak mau juga akan semakin kompetitif, jika anda salah satu programer yang membuat aplikasi, tentu saja anda menginginkan profit dari aplikasi anda bukan?. Maka dari itu lahirlah FlipIt.co.id, sebuah marketplace domain, website dan aplikasi yang utama di Indonesia. Di FlipIt.co.id anda dapat menjual ataupun membeli aplikasi dengan sistem lelang, sehingga transaksi akan lebih cepat.

Berikut ini akan kami rangkum kategori aplikasi yang dibutuhkan ataupun dicari oleh masyarakat, pengusaha, maupun perusahaan di Indonesia:

  • Aplikasi e-commerce (jual beli online) ataupun online marketplace
    Kebutuhan akan aplikasi ini akan terus meningkat karena banyak penjual yang akan memasarkan produknya di dunia maya. Konsumen pun lebih sering mencari produk yang dibutuhkannya secara online karena tidak perlu repot berjalan dan berkeliling lagi.
  • Aplikasi pembayaran elektronik
    Dengan merambahnya dunia digital, mendorong sistem pembayaran menjadi elektronik atau lebih dikenal sebagai e-cash. Hal ini juga didukung dengan e-commerce yang membutuhkan pembayaran dengan sistem elektronik untuk mempermudah serta mempercepat transaksi.
  • Aplikasi komunikasi/chatting
    Perubahan perilaku mendorong perubahan kebiasaan dari komunikasi secara langsung menjadi komunikasi jarak jauh dan bisa dilakukan kapanpun secara online. Perusahaan tentu saja membutuhkan sebuah platform untuk mempermudah komunikasi karyawannya sehingga dapat meningkatkan produksi.
  • Aplikasi untuk mengolah data perhitungan
    Setiap perusahaan atau usaha jenis apapun membutuhkan pengolahan data yang dapat memudahkan pekerjaan pengolahan data. Dengan hal ini setiap jenis usaha membutuhkan aplikasi tersebut, misalnya kasir akan semakin tepat bekerjanya jika aplikasi penghitungan dapat membantunya.

Masih banyak lagi jenis aplikasi lain yang bisa anda buat dan kembangkan lalu menjualnya di FlipIt.co.id untuk mendapat profit. Jadi tunggu apalagi? buruan gabung bersama FlipIt.co.id dan mulailah kerajaan bisnis online Anda sekarang juga.
just flip it - for your profit